Senin, 23 Januari 2012

Gambaran neraka menurut al-qur"an

                          GAMBARAN NERAKA MENURUT AL-QUR"AN
Rasanya tidak pantas jika kita yang telah dewasa,mengaku muslim masih ditakut-takuti dengan gambaran neraka hanya supaya taat ibadah. Namun kenyataanya masih banyak orang yang lupa bahwa kita pasti akan merasakan tinggal di neraka,ada yang sebentar ada yang lama itu bedanya.. Mengapa kita takut membicarakan keadaan neraka saat ini tapi tidak takut bermaksiat di hadapan Allah?
Berikut ini adalah penggalan penggalan ayat yang menceritakan kondisi neraka dalam Al Quran.
..Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.
surat 2:206
Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.
surat 73:12
Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),
surat 11:106
(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): “Rasakanlah sentuhan api neraka!”
surat 54:48
Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
surat 4:56
Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.
surat 38:57
Dan tinggalkan lah orang-orang yang menjadikan agama[485] mereka sebagai main-main dan senda gurau[486], dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Quran itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri. Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak pula pemberi syafa’at[487] selain daripada Allah. Dan jika ia menebus dengan segala macam tebusanpun, niscaya tidak akan diterima itu daripadanya. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan ke dalam neraka. Bagi mereka (disediakan) minuman dari air yang sedang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.
surat 6:70
Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.
surat 22:19
Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak
surat 67:7
Apabila neraka itu melihat[1056] mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.
surat 25:12
Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.
surat 77:32
Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak
surat 70:15
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
surat 66:6
Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.
surat 17:97
Ini adalah sebagian kondisi Neraka yang dituliskan dalam alquran, masih banyak lagi ungkapan kondisi neraka, baik dalam al quran ataupun hadist dan itu adalah kebenaran dari kitab Allah. kita tidak bisa menyangkal karena tidak pernah berkunjung ke neraka.
Saya tidak bermaksud menakut nakuti anda dengan kondisi neraka, tetapi saya ingin menunjukkan skaligus mengingatkan kita semua, kalo belum pernah melihat neraka, kira kira seperti ayat ayat diataslah kondisi neraka yang sebenarnya.
Saya tidak bisa membayangkan kondisi kehidupan di neraka, kita sebagai manusia yang diberi kelebihan indera perasa terasa amat cengeng, kenapa? kita sedikit aja tersulut api atau rokok, udah berteriak seakan dunia akan runtuh, apalagi kalo terkena knalpot yang mana itu adalah buatan manusia dan panasnya hanya sekitar beberapa derajat celcius, kita udah berteriak sekuat tenaga.Lantas apa sanggup kita berdiam di dalam Neraka? Jika tidak mari mulai sekarang senantiasa menjaga perbuatan dan hati kita tetap lurus di jalanNya, mencari ridhoNya supaya selamat kelak di akheraTubuh manusia pendosa yang sudah meninggal konon kelak akan direbus, digergaji, dibakar, atau kepalanya dipancung. Kok Tuhan digambarkan jadi sadis kayak gini, ya…? Tapi katanya Tuhan maha pengampun. Katanya Tuhan penuh kasih. Katanya dosa manusia terampuni kalau sudah Hidup Baru. Katanya lagi, dosa seluas apapun akan dihapus asalkan kita sudah bertobat dan mohon ampun pada Tuhan.
GAMBARAN NERAKA MENURUT BEBERAPA AGAMA
Hampir semua gambar dan teks di bawah ini diambil dari blog Weekly World News. Neraka agama apa yang menurutmu paling menakutkan, paling kejam dan paling sadis hukumannya?
Berikut Gambaran lukisan neraka versi 7 agama berbeda:
Agama Kristen — Neraka dalam versi ajaran agama Kristen adalah di mana tubuh pendosa akan dibakar selama-lamanya dalam api abadi yang takkan pernah padam.
neraka-agama-kristen
Agama Jain — Agama asli orang India. Disebutkan bahwa agama ini memiliki versi neraka paling banyak: sampai 8 juta lebih jenisnya.
neraka-agama-jain
Agama Islam — Ditulis, manusia kelak harus melewati sebuah jembatan kecil bila ingin menuju surga. Kalau tidak berhasil, dia akan terjatuh dan masuk ke api neraka Jahannam.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” — At-Tahrim [66]:6
neraka-agama-islam
Agama Hindu — Pada akhirnya setiap manusia akan mengalami reinkarnasi; dia akan kembali hidup di bumi tetapi dalam wujuh tubuh manusia lain atau hewan. Sebelum reinkarnasi, manusia harus lebih dulu melewati hukuman neraka dari 21 macam jenisnya.
neraka-agama-hindu
Agama Buddha — Mempunyai 15 jenis neraka, dan tujuh diantaranya adalah neraka api.
neraka-agama-buddha
Agama Taoisme — Percaya bahwa neraka sebenarnya ada di dalam kuil itu sendiri, tapi di sana ada iblis-iblis yang siap menerkam para manusia pendosa dengan senjata tajam.
neraka-agama-taoisme
Agama Judaisme — Yahudi Ortodox percaya di neraka kelak tubuh manusia pendosa akan direbus atau dikuliti.
neraka-agama-yahudi                                                                                      Sahabat Sekalian, kali ini  akan share mengenai Gambaran negara menurut atau versi dari Beberapa Agama yang dianut manusia. Yup Neraka secara uum digambarkan sebagai kawah penyiksaan di alam sesudah mati manusia, dimana manusia yang lebih banyak timbangan dosanya dibanding dengan kebaikan atau amalnya sewaktu mereka masih berada di alam dunia.  Menurut Wkipedia, Istilah neraka berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Naraka yang dalam mitologi Hindu dilukiskan sebagai seorang raksasa kejam. Ia merupakan putra dari bumi, yang dilukiskan sebagai wanita cantik bernama Pertiwi. Naraka akhirnya tewas di tangan ayahnya sendiri, yaitu Wisnu yang dipuja umat Hindu sebagai dewa pemelihara dunia.
Penggambaran keadaan neraka telah dielaskan dalam beberapa kitab suci agama-agama yang dianut, baik itu Islam, Kristen, dan agama-agama lain. Pada intinya penggambaran neraka itu adalah tempat penyiksaan abadi yang akan menyiksa kita sebagai manusia yang telah berbuat dosa semasa hidup. Ancaman penyiksaan neraka ini punya arti agar selama hidup didunia, kita berbuat amal dan kebajikan, bukan sebagai mahluk perusak bumi di dunia ini. Bukankah jika kita berbuat dosa dan kemudharatan di dunia ini, maka tidak hanya setelah mati, semasa hidup pun kita akan mendapatkan “bayang-bayang neraka”, tepatkan akan kena hukum dunia, baik hukum legal maupun hukum ada dan tentu berlanjut dengan penyiksaan abadi di neraka sana, setelah kita meninggal.
Penggambaran Neraka Versi Beberapa Agama
Islam
 Manusia kelak harus melewati sebuah jembatan kecil bila ingin menuju surga. Kalau tidak berhasil, dia akan terjatuh dan masuk ke api neraka Jahannam. “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” — At-Tahrim [66]:6
Kristen
Neraka dalam versi ajaran agama Kristen adalah di mana tubuh pendosa akan dibakar selama-lamanya dalam api abadi yang takkan pernah padam.
Judaisme (Yahudi)
Yahudi Ortodox percaya di neraka kelak tubuh manusia pendosa akan direbus atau dikuliti.
Jain (India)
Agama asli orang India. Disebutkan bahwa agama ini memiliki versi neraka paling banyak: sampai 8 juta lebih jenisnya.
Hindu
Pada akhirnya setiap manusia akan mengalami reinkarnasi; dia akan kembali hidup di bumi tetapi dalam wujuh tubuh manusia lain atau hewan. Sebelum reinkarnasi, manusia harus lebih dulu melewati hukuman neraka dari 21 macam jenisnya.
Buddha
Mempunyai 15 jenis neraka, dan tujuh diantaranya adalah neraka api.
Tao (China)
Percaya bahwa neraka sebenarnya ada di dalam kuil itu sendiri, tapi di sana ada iblis-iblis yang siap menerkam para manusia pendosa dengan senjata tajam.
Okk demikianlah sedikit artikel sederhana mengenai penggambaran neraka menurut atau versi beberapa agama, pada akhirnya kita sebagai mahluk yang beragama selalu berdoa disertai tindakan yang sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing, agar nantinya kita tidak terjerumus kedalam kawah penyiksaan maha dasyat Neraka yang banyak digambarkan sebagai penyiksaan abadi tiada duanya yang terperih. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[am]                                                       GAMBARAN PENGHUNI NERAKA                                                                                                                                    Penghuni neraka digambarkan di dalam Quran dan Hadis sebagai mahluk yang paling buruk, bahkan lebih rendah dari pada hewan. Ketika di dunia, ia punya mata tapi tak digunakan untuk melihat kebaikan. Punya telinga tapi tak digunakan untuk mendengar kebaikan. Punya kaki tan tangan tetapi selalu digunakan untuk pergi dan berbuat maksiat. Punya otak tapi tak digunakan untuk berpikir.
Berulang kali Quran bertanya secara retorik, pertanyaan yang tidak perlu jawaban, Apakah kamu tidak berpikir ? Apakah kamu tidak menggunakan akal ?
Menurut pikiran sebagian manusia, bagaimana mungkin tulang belulang yang sudah hancur menjadi tanah dapat dijadikan manusia kembali ? Di sinilah, akal dan pikiran manusia yang sok pinter, merasa hebat, berpikirnya pun sebegitu saja. Padahal, bukankah Tuhan yang Maha menciptakan dapat berbuat apa saja ? Bukankah membuat kembali barang yang pernah ada itu akan lebih mudah dibanding menjadikan barang yang belum pernah ada. Bagi Tuhan, menghidupkan manusia yang pernah ada itu tentu lebih mudah dibandingkan menciptakan manusia pada kali yang pertama.
Maka gambaran penghuni neraka ini adalah kebalikan daripada penghuni surga. Selain wajahnya buruk rupa, air liurnya saja kalau diludahkan ke bumi, maka seluruh tumbuhan akan mati, air laut akan menjadi pahit dan beracun. Pakaiannya dari aspal panas, kalau pakaian ini di letakkan di bumi, maka seluruh bumi ini akan menjadi lautan api.
Tubuhnya dibuat sangat liat, jika hancur terbakar, maka akan tercipta utuh kembali, ia tidak mati, dan tidak pula hidup. Minumannya air mendidih, nanah dan darah. Makanannya buah zaqum yang berduri yang tidak dapat mengenyangkan. Keadaan panasnya, 70 kali panas yang ada di dunia ini (magma gunung berapi, matahari).
Bagi yang pikirannya cupet, maka ia akan berpikir bagaimana mungkin pohon zaqqum ini dapat tumbuh di panasnya api neraka. Padahal, bagi Tuhan itu mudah saja. Hanya, manusia yang merasa brilyan, segala sesuatunya diukur menurut apa yang ada di badannya sendiri.
Tetapi, tidak semua penghuni neraka itu akan kekal. Orang2 berdosa yang pernah ingat kepada Tuhannya, akan diampuni. Penghuni neraka yang terakhir sekali masuk surga akan diberi surga yang luasnya 10 kali dunia. Mula2 ia akan melihat bagaimana penduduk surga yang sedang bersenang2. Maka, ia pun berdoa, alangkah baiknya kalau aku berada di pinggiran surga saja…. Maka Tuhan bertanya, apakah cuma itu yang kamu minta. Maka Tuhan pun mengabulkan permintaannya, untuk berada di emperan surga. Setelah di emperan, alangkah senangnya jika aku pun dapat bergabung dengan mereka.
Maka dengan Rahmat dan Kasih Sayang Allah, orang itu pun dimasukkan ke dalam surga, Sebelumnya, ia dimandikan dulu di sungai kehidupan. Badannya yang sudah berupa arang, menjadi manusia penghuni surga yang lain, walaupun mungkin ada tandanya bahwa orang itu pernah mampir di neraka sekian juta tahun, Itulah, dengan bekal iman sebesar atom, ia mendapat balasan surga yang besarnya 10 kali dunia.
Melihat kejadian itu, penghuni neraka yang lain pun ber putus asa, karena ia baru sadar, itulah pentingnya nilai iman. Ingin kembali lagi ke dunia ? Tak uk uk ya….
 GAMBARAN NERAKA JAHANAM                                                                                                                                           Yazid Arraqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata:
Jibril datang kepada Nabi saw pada waktu yg ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh nabi s. a. w. “Mengapa aku melihat kau berubah muka?”

Jawabnya: “Ya Muhammad, aku datang kepadamu di saat Allah menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka, maka tidak layak bagi orang yg mengetahui bahawa neraka Jahannam itu benar, dan siksa kubur itu benar, dan siksa Allah itu terbesar untuk bersuka-suka sebelum ia merasa aman daripadanya.”

Lalu nabi s. a. w. bersabda: “Ya Jibril, jelaskan padaku sifat Jahannam.”
Jawabnya: “Ya. Ketika Allah menjadikan Jahannam, maka dinyalakan selama seribu tahun, sehingga merah, kemudian dilanjutkan seribu tahun sehingga putih, kemudian seribu tahun sehingga hitam, maka ia hitam gelap, tidak pernah padam nyala dan baranya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar penduduk dunia semuanya kerana panasnya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu baju ahli neraka itu digantung di antara langit dan bumi nescaya akan mati penduduk bumi kerana panas dan basinya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu pergelangan dari rantai yang disebut dalam Al-Qur’an itu diletakkan di atas bukit, niscaya akan cair sampai ke bawah bumi yg ke tujuh. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan seorang di hujung barat tersiksa, niscaya akan terbakar orang-orang yang di ujung timur kerana sangat panasnya, Jahannam itu sangat dalam dan perhiasannya besi, dan minumannya air panas campur nanah, dan pakaiannya potongan-potongan api. Api neraka itu ada tujuh pintu, tiap-tiap pintu ada bahagiannya yang tertentu dari orang laki-laki dan perempuan.”
Nabi s. a. w. bertanya: “Apakah pintu-pintunya bagaikan pintu-pintu rumah kami?”
Jawabnya: “Tidak, tetapi selalu terbuka, setengahnya di bawah dari lainnya, dari pintu ke pintu jarak perjalanan 70,000 tahun, tiap pintu lebih panas dari yang lain 70 kali lipat.”
Tanya Rasulullah s. a. w.: “Siapakah penduduk masing-masing pintu?”
Jawab Jibril: “Pintu yg terbawah untuk orang-orang munafik, dan orang-orang yg kafir setelah diturunkan hidangan mukjizat nabi Isa a. s. serta keluarga Fir’aun sedang namanya Al-Hawiyah. Pintu kedua tempat orang-orang musyrikin bernama Jahim, pintu ketiga tempat orang shobi’in bernama Saqar. Pintu ke empat tempat Iblis dan pengikutnya dari kaum majusi bernama Ladha, pintu kelima orang yahudi bernama Huthomah. Pintu ke enam tempat orang nasara bernama Sa’eir.” Kemudian Jibril diam segan pada Rasulullah s. a. w. sehingga ditanya: “Mengapa tidak kau terangkan penduduk pintu ke tujuh?” Jawabnya: “Di dalamnya orang-orang yg berdosa besar dari ummatmu yg sampai mati belum sempat bertaubat.”
Maka nabi s. a. w. jatuh pengsan ketika mendengar keterangan itu, sehingga Jibril meletakkan kepala nabi s. a. w. di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah saedar nabi saw bersabda: “Ya Jibril, sungguh besar kerisauanku dan sangat sedihku, apakah ada seorang dari ummat ku yang akan masuk ke dalam neraka?”
Jawabnya: “Ya, yaitu orang yg berdosa besar dari ummatmu.”
Kemudian nabi s.a. w. menangis, Jibril juga menangis, kemudian nabi s. a. w. Masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang kemudian kembali dan tidak berbicara dengan orang dan bila sembahyang selalu menangis dan minta kepada Allah.
Dari Hadith Qudsi: Bagaimana kamu masih boleh melakukan maksiat sedangkan kamu tak dapat bertahan dengan panasnya terik matahari Ku. Tahukah kamu bahawa neraka jahanamKu itu:
1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 tingkat
2. Setiap tingkat mempunyai 70,000 daerah
3. Setiap daerah mempunyai 70,000 kampung
4. Setiap kampung mempunyai 70,000 rumah
5. Setiap rumah mempunyai 70,000 bilik
6. Setiap bilik mempunyai 70,000 kotak
7. Setiap kotak mempunyai 70,000 batang pokok zarqum
8. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 ekor ular
9. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandungi lautan racun yang hitam pekat.
10. Juga di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 rantai
11. Setiap rantai diseret oleh 70,000 malaikat
Wallahu alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar